Audiensi Bersama Pelaksana Harian Gubernur Provinsi Papua

Danang Pamuji
1 tahun yang lalu | Selasa, 07 Februari,2023 10:29:25 (WIT)

Jayapura – (Selasa, 7 Februari 2023) Kepala Balai Besar MKG Wilayah V, Yustus Rumakiek, S.Si didampingi Kepala Stasiun Geofisika Jayapura, Herlambang Hudha M.Si beserta Pejabat di lingkungan BBMKG Wilayah V Jayapura melakukan audiensi ke Pemerintah Daerah Provinsi Papua. Rombongan disambut langsung oleh Pelaksana Harian Gubernur Provinsi Papua, Dr. M. Ridwan Rumasukun, S.E, M.M diruang kerjanya. Kepala Balai menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Papua karena telah bersedia bekerjasama dengan BMKG dalam hal kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan informasi dari BMKG dalam hal kesiapsiagaan menghadapi bencana bagi masyarakat di Tanah Papua. Kepala Balai juga menyampaikan kepada Plh Gubernur terkait rencana pelaksanaan kegiatan Sekolah Lapang Gempabumi yang menggunakan anggaran dari Pemerintah daerah provinsi Papua, serta mengharapkan kehadiran Plh Gubernur untuk memberi sambutan dan membuka secara langsung kegiatan tersebut.

 

Kepala Stasiun Geofisika Jayapura melanjutkan tentang peralatan BMKG yang berada di wilayah Provinsi Papua yang selama ini menjadi aloptama BMKG dalam menyajikan informasi di bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Harapannya Aloptama tersebut bisa mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah juga masyarakat sekitar agar keberlangsungan data yang dihasilkan oleh alat dapat terjaga dan bisa memberikan informasi yang akurat. Kepala Stasiun juga melaporkan terkait kondisi peralatan Sirine Tsunami yang berada di halaman Gedung MRP yang saat ini sedang dilepas karena adanya pembangunan di area tersebut. Ditambahkan oleh Koordinator Bidang Observasi BBMKG V tentang program BMKG Menyapa yang menjadi kegiatan rutin BMKG dalam menyebarluaskan informasi MKG. Pengguna radio di Tanah Papua sangat banyak bahkan hingga ke daerah-daerah pelosok. Harapannya informasi terkait potensi bencana geohidrometeologi dapat tersampaikan ke seluruh masyarakat di Tanah Papua dengan bahasa yang mudah dipahami. Koordinator Observasi Stasiun Geofisika Jayapura juga menyampaikan tentang kebutuhan SDM di BMKG khususnya di wilayah Papua masih sangat minim, dengan adanya program Afirmasi bagi putra/I Papua di STMKG diharapkan bisa menjadi solusi untuk kebutuhan SDM BMKG di tanah Papua.

 

Plh Gubernur Provinsi Papua menyambut baik kunjungan dari BMKG, beliau mengucapkan rasa terimakasih karena telah memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait potensi bencana di daerah mereka masing-masing. Plh Gubernur menambahkan bahwa informasi dari BMKG sangat dinantikan oleh masyarakat, dimana ketika bencana terjadi sering bertebaran hoaks-hoaks yang membuat kecemasan di masyarakat. Provinsi Papua juga pernah dilanda bencana Geohidrometeorologi, sehingga memberikan edukasi tentang potensi bencana di wilayahnya sangat penting untuk mengurangi dampak yang diakibatkan jika terjadi bencana. Plh Gubernur juga mengapresiasi BMKG yang akan menyelenggaran kegiatan SLG dan beliau menyatakan akan siap hadir dalam kegiatan tersebut.