Papua – Jayapura, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V  menggelar Rekonsiliasi Laporan Keuangan Semester I Tahun Anggaran 2022, kegiatan berlangsung selama 4 hari dimulai tanggal 22 -25 Juli 2022 secara luring (Offline) di Hotel Suni Abepua, Jayapura pada Jumat, (22/07/2022).

Kegiatan ini mengusung tema “ Melalui Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun 2021 yang Akuntabel dan Berkualitas Kita Pertahankan Opini WTP", kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari Kepala UPT dan petugas SAIBA dan SIMAK BMN di lingkungan Balai BesarBesar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V.

Dalam laporannya, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Hendro Nugroho menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 110 peserta yang terdiri dari Kepala UPT dan petugas SAIBA dan SIMAK BMN di lingkungan BBMKG Wilayah V, Tim BMKG Pusat, serta supervisor dari DJPB dan DJKN Kementerian Keuangan.

Plh, Plt, Deputi Klimatologi Dr. Dodo Gunawan, DEA membuka secara resmi kegiatan rekonsiliasi ini. Dalam sambutan Kepala BMKG yang dibawakan oleh Plh, Plt, Deputi Klimatologi Dr. Dodo Gunawan, DEA, mengajak seluruh peserta rekonsiliasi patut kiranya kita bersyukur kehadirat Tuhan YME atas prestasi puncak yakni raihan WTP. Ini berkat jerih payah dan kerja keras seluruh jajaran BMKG, sehingga WTP kali ini menggenapkan capaian Opini WTP untuk yang ketujuh kalinya berturut-turut sejak Tahun 2015, 2016, 2017,2018,2019, 2020 dan 2021.

Selanjutnya  Plh, Plt, Deputi Klimatologi Dr. Dodo Gunawan, DEA menyampaikan bahwa bukan capaian WTP tersebut yang menjadi tujuan utama kita, namun yang lebih utama adalah bentuk pertanggungjawaban kepada bangsa dan negara atas kepercayaan, pelaksanaan dan penggunaan anggaran yang diamanatkan kepada lembaga kita. Oleh karena itulah KaBMKG mengajak kepada seluruh jajaran BMKG tetap bekerja keras dan bersungguh-sungguh serta selalu berupaya secara terus menerus mempertahankan capaian atas opini BPK RI di tahun tahun mendatang, kondisi ini sangat relevan dan sejalan dengan tema Rekonsiliasi Semester I Tahun 2022, yaitu : “Sukseskan Migrasi SAKTI dan Pertahankan Opini WTP melalui Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2022 yang Akuntabel dan Berkualitas”

Penyelenggaraan kegiatan Rekonsiliasi di lingkungan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V ini resmi ditutup pada tanggal 24 Juli 2022.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Hendro Nugroho M.Si dalam arahannya mengingatkan kembali pesan kepala BMKG bahwa Untuk mewujudkan lembaga MKG yang berkelas dunia (World Class), BMKG perlu membangun dan menjaga "trust" kepercayaan publik semua pihak. "Trust" dapat terbangun, publik percaya BMKG mampu mewujudkan Pembukaan UUD 1945 yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia serta memajukan kesejahteraan umum dan mewujudkan Undang-Undang No 31 Tahun 2009 tentang MKG, yaitu memberikan layanan MKG yang prima, SDM yang tangguh, handal dan terpercaya.

Lebih lanjut, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Hendro Nuugroho M.Si  mayakini dengan kerja keras dan kerja cerdas seluruh komponen BMKG pada umumnya dan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V pada khususnya, akan mampu terus mempertahankannya di masa-masa mendatang.