[Jayapura, 21 Mei 2024] Yustus Rumakiek, selaku Kepala Balai Besar MKG Wilayah V menerima kunjungan Jack H. Edward selaku Field Security Associate (FSA) United Nations Department of Safety and Security (UNDSS) dan Aminuddin M. Ramdan selaku Chief Field Officer (CFO) UNICEF Papua & West Papua Region, di ruang Video Conference BBMKG Wilayah V.

Jack dan Ramdan dalam kunjungannya ke BBMKG Wilayah V bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang keadaan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Tanah Papua, serta ingin membuka kerjasama kolaborasi dalam memperkuat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana Geohidrometeorologi di Tanah Papua.

Dalam menerima kunjungan FSA UNDSS dan CFO UNICEF, Kepala Balai didampingi oleh Serly Hartiningsih selaku Kabag TU BBMKG Wilayah V, Ezri Y. Ronsumbre dan Nurul Puspitasari selaku staff teknis bidang Meteorologi, Cecilia Benedicta Rumbiak dan Adi Surya W. Wibawa selaku staff teknis Geofisika, serta Suroto selaku staff teknis Instrumentasi MKG.

Dalam pertemuan ini kedua belah pihak bersepakat memulai kolaborasi antara UNDSS dan UNICEF dengan BBMKG Wilayah V, yang akan diawali dengan pelatihan mitigasi bencana Geohidrometeorologi untuk staff UNDSS dan UNICEF Papua & West Papua Region.