Jayapura, 22 Desember 2022 / Peringatan Hari Ibu lahir dari pergerakan bangsa Indonesia. Dalam pergerakan kemerdekaan, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan. Keterlibatan perempuan dibuktikan melalui Kongres Perempuan Pertama pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Hakikat peringatan Hari Ibu adalah untuk mengingatkan seluruh generasi muda Indonesia akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.
Demikian isi dari sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang dibacakan oleh Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V Yustus Rumakiek, S.Si, yang bertindak selaku Pembina Upacara dalam Peringatan Hari Ibu yang ke 94 di Kantor Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V (Entrop, Jayapura Selatan). Upacara ini diikuti oleh Kepala Stasiun Geofisika Angkasapura Jayapura Herlambang Huda, Kepala Stasiun Maritim Dok II Jayapura Heri, Kepala Tata Usaha Stasiun Meteorologi Sentani, dan seluruh pegawai di lingkungan BBMKG Wilayah V  UPT Jayapura. Bertindak sebagai petugas upacara adalah pegawai Wanita kantor BBMKG wilayah V dipilih sebagai bentuk representasi wanita yang siap bergerak dan bekerja demi bangsa dan negara.
Peringatan Hari Ibu yang ke 94 tahun 2022 ini mengusung tema "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Tema ini dibangun dengan melihati situasi dan kondisi bangsa Indonesia di tahun 2022. Upacara di tutup dengan foto bersama seluruh peserta upacara