Jayapura – Rabu, 11/01/2023. Program Dialog Interaktiv RRI BMKG Menyapa di hadiri oleh  Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Yustus Rumakiek Bersama Kabid. Observasi Danang Pamuji,  Sub Koordinator TEWS  Syawal dan turut hadir  PJ. Walikota Jayapura Frans Pekey. Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V percaya Menjadi narasumber pada acara Dialog Interaktif RRI Jayapura dengan tema Siap Siaga Gempa Bumi Kota Jayapura.
Kepala Bidang Observasi, Danang Pamuji S.Si menekankan bahwa kejadian gempabumi M4.9 tanggal 2 Januari 2023, dilihat dari trend  gempa dirasakan mengalami penurunan. Hingga pukul 06.00 Wit setidaknya telah terjadi 625 kali kejadian gempabumi susulan dan 52 kali diantaranya dirasakan. Danang juga menambahkan bahwa terkait isu terjadinya tsunami yang disebabkan oleh gempabumi susulan merupakan berita yang tidak benar, karena syarat akan terjadinya tsunami tidak terpenuhi.
Dalam kesempatan ini Kepala BBMKG Wilayah V menyampaikan kepada masyarakat Kota Jayapura, agar tetap cermat dalam menyikapi informasi yang diterima dan selalu update informasi agar tidak mudah terpancing isu yang dapat merugikan kita semua.
Selain itu juga Pj. Walikota Jayapura Frans Pekey juga menyampaikan kepada masyarakat Tetap tenang dan jangan panik serta selalu update informasi khususnya Gempa bumi yang terjadi pada tanggal 2 januari 2023 kemarin dari sumber yang tepat yaitu BMKG, dan dalam hal ini pemerintah kota jayapura akan mendukung upaya-upaya dalam membangun kesadaran masyarakat melalui kebijakan -kebijakan yang dikeluarkan pemerintah kota Jayapura