Jayapura, Rabu, 20/04/2022 Balai besar MKG Wilayah v Kembali hadir dalam program BMKG Menyapa episode ke - 2 bersama RRI Pro 1 Jayapura. Dalam episode ke 2 ini BMKG mengusung topik Layanan Informasi Cuaca untuk mendukung Kelancaran Mudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 (1443 H) di Tanah Papua.

Narasumber dihadiri oleh Bapak Tato Agustinus, S.Si selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar MKG Wilayah V, Bapak Yustus Rumakiek, S.Si selaku Kepala Stasiun Meteorologi Sentani, dan Bapak Heri Purnomo, S.Si selaku Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Jayapura. Dalam penyampaiannya, BMKG akan turut berperan aktif dalam memberikan informasi cuaca dalam berbagai sektor transportasi baik transportasi udara, laut, dan darat selama periode libur lebaran Tahun 2022. Untuk itu, BMKG akan membentuk Posko Mudik Lebaran yang akan berlangsung selama h – 7 hingga h + 7 lebaran. Informasi  yang di keluarkan BMKG dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat dan pengguna jasa melalui sosial media, website, maupun aplikasi infobmkg.

Masyarakat Papua di himbau agar tetap waspada terhadap potensi terjadi banjir, longsor, ataupun pohon tumbang mengingat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan di sertai angin kencang masih berpeluang terjadi walaupun dalam durasi yang cukup singkat. Masyarakat juga di himbau agar terus mengupdate informasi cuaca di wilayahnya masing – masing terutama bila terjadi perubahan kondisi cuaca yang signifikan.

Hadirnya BMKG selama periode mudik lebaran Tahun 2022 diharapkan dapat membantu kelancaran aktivitas bermudik masyarakat sehingga pemudik sampai tujuan dengan  aman dan selamat. Juga, dimohon agar masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan demi menjaga kesehatan Bersama dan mencegah covid – 19 kembali merebak.