Jayapura, 6/7/2022. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura kembali hadir dan menyapa Masyarakat Papua bersama RRI Jayapura Pro 1 dalam program “BMKG Menyapa”. Pada kesempatan kali ini, BBMKG Wilayah V Jayapura mengusung topik “Memahami Peringatan Dini Gempa bumi dan Tsunami serta Mitigasinya”.

Terdapat dua narasumber yang hadir pada episode ini, yaitu Danang Pamuji, S.Si. selaku Koordinator Bidang Observasi Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura dan Muhammad Syawal S.Si. selaku Sub Koordinator Observasi Stasiun Geofisika Kelas I Jayapura. Para narasumber menyampaikan bagaimana pentingnya informasi peringatan dini gempa bumi dan tsunami bagi masyarakat Papua mengingat potensi gempa bumi dan tsunami di daerah Papua yang cukup berbahaya. Hal ini juga dipertimbangkan dari sejarah gempa bumi merusak dan kejadian tsunami yang terjadi di Papua. Banyak korban jiwa dan kerugian material yang diakibatkan dari beberapa kejadian bencana tersebut sehingga perlu dilakukan adanya persiapan diri dan pemahaman oleh Masyarakat Papua terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Selain itu, para narasumber menyampaikan hal apa yang harus dilakukan oleh Masyarakat Papua saat menerima informasi gempa bumi dan tsunami.

Penyampaian informasi kebencanaan gempa bumi dan tsunami serta mitigasinya diberikan untuk dapat mengurangi resiko bencana gempa bumi dan tsunami di wilayah Papua. Cara penyampaian informasi-informasi ini pun beragam, mulai dari informasi parameter gempa bumi dan potensi tsunami (jika ada) melalui sosial media aktif milik BBMKG Wilayah V Jayapura yang disebar kepada masyarakat langsung dan kepada stakeholder terkait, hingga dilakukannya sosialisasi dan seminar mengenai tanggap bencana gempa bumi dan tsunami. Kegiatan ini pun bukan hanya dilakukan oleh BMKG kepada Masyarakat Papua, tetapi dilakukan bersama-sama dengan Pemda serta instansi-instansi terkait penanganan bencana. Tujuannya agar semua instansi terkait dapat tanggap dalam mengambil tindakan saat bencana gempa bumi dan tsunami terjadi, sehingga masyarakat tidak mengalami kebingungan.

Pada episode kali ini, hadirnya BMKG melalui program BMKG Menyapa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat Papua terhadap kesiapsiagaan diri agar tahu hal yang tepat untuk dilakukan saat bencana gempa bumi dan tsunami terjadi, sehingga meminimalisir kerugian material dan korban jiwa. BMKG juga berharap bahwa Masyarakat Papua dapat lebih memahami bahwa informasi kebencanaan gempa bumi dan tsunami yang benar dan terpercaya hanya diberikan oleh BMKG, bukan dari pihak-pihak lain yang tidak dapat dipercayai kebenarannya.