BMKG Menyapa Episode 8 – Dinamika Atmosfer di Papua

Lutfian Hanif
2 tahun yang lalu | Rabu, 03 Agustus,2022 18:14:28 (WIT)

Jayapura, 03/08/2022 Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura kembali menyapa masyarakat Papua melalui Program BMKG menyapa bersama RRI Pro 1 Jayapura. Dalam episode ke -8 kali ini BMKG membahas topik Dinamika Atmosfer di Papua.

Narasumber pada episode kali ini adalah Saudari Finnyalia Napitupulu, S.Tr dan Saudari Septiana Monicasari, S.Tr selaku Forecaster Meteorologi di Balai Besar MKG Wilayah V. Pada kesempatan tersebut telah disampaikan bagaimana kondisi cuaca dan iklim di wilayah Papua khususnya kota dan kabupaten Jayapura dan faktor apa saja yang mengakibatkan suatu wilayah kerap terjadi hujan pada saat periode musim kemarau. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kondisi cuaca dan iklim di wilayah Papua baik dari skala global, regional dan skala lokal. Apabila fenomena tersebut saling berinteraksi maka pertumbuhan awan menjadi lebih intensif dan peluang kejadian hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat berpotensi terjadi.

Hadirnya BMKG melalui program BMKG Menyapa diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang hal-hal yang mempengaruhi cuaca dan iklim di wilayah Papua khususnya kota dan kabupaten Jayapura serta faktor yang menyebabkan perubahan cuaca terjadi. BMKG juga menghimbau agar masyarakat lebih menjaga kondisi lingkungan dari jangan membuang sampah sembarangan, jangan melakukan penebangan liar dan membuka lahan yang dapat merusak kondisi lingkungan. Mitigasi secara dini dapat dilakukan dari sekarang agar kondisi alam kedepan tetap terjaga.