Jayapura, Selasa 21/03/2023. Dalam rangkaian kegiatan menyambut Peringatan  Hari Meteorologi Dunia ke 73 tahun 2023, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura menggelar  Kompetisi Cerdas Cermat Tingkat SMA Provinsi Papua  bertempat di Aula Kantor Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura, Jl. Raya Abepura Entrop, Jayapura selatan, Kota jayapura, Papua 9922. Kompetisi Cerdas Cermat di selenggarakan 1 Hari 21/03/2023.

Kompetisi cerdas cermat KOTEKA ( Kompetisi Meteorologi Klimatologi Geofisika ) di buka langsung oleh Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura Yustus Rumakiek. Dalam sambutanya “Kompetisi ini  bertujuan meningkatkan motivasi dan semangat belajar untung menambah wawasan siswa siwi terkait pengetahuan mengenai fenomena Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Beberapa tahun belakangan ini kita sering mengalami bencana GeoHidroMeteorologi  seperti gempa bumi, banjir dan tanah longsor yang erat kaitanya dengan fenomena Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Untuk itu perlu bagi kami untuk lebih mengenalkan dan mengingatkan pemahaman masyarakat terkai informasi BMKG salah satunya melalui kegiatan kompetisi cerdas cermat.

 kompetisi cerdas cermat ini  di ikuti 9 SMA di jayapura SMA 1 Jayapura, SMA 2 Jayapura, SMA 3 Jayapura, SMA 4 Jayapura, SMA 5 Jayapura, SMA Diaspora, SMA Taruna Bakti, SMA Kalam Kudus Kota Jayapura, SMA Muhammadiyah Kota Jayapura.