Jayapura - Kaji Ulang Manajemen Wilayah (KUMW) Laboratorium BMKG di Balai Besar Meteorologi Kllimatologi dan Geofisika Wilayah V (BBMKG Wilayah V) telah dilaksanakan. Kegiatan berlangsung pada hari Jumat tanggal 30 Desember 2022, bertempat di Ruang Aula Gedung Administrasi BBMKG Wilayah V. Kegiatan dihadiri oleh Yustus Rumakiek, S.Si selaku Kepala BBMKG Wilayah V sekaligus Manajer Puncak Laboratorium, Sherly Hartiningsih, S.E selaku Kepala Bagian Tata Usaha BBMKG Wilayah V, Danang Pamuji D. L. Y. S.Si selaku Koordinator Bidang Observasi dan Suroto, S.T selaku Sub Koordinator Bidang Instrumentasi dan Kalibrasi, serta segenap jajaran Koordinator Bidang, Sub Koordinator Bidang, Personel Laboratorium dan Pegawai di lingkungan kerja BBMKG Wilayah V.

Rangkaian kegiatan KUMW Laboratorium BMKG terdiri dari pembukaan, presentasi laporan manajerial, diskusi, penetapan sasaran mutu dan rencana kegiatan tahun 2023, pembacaan doa dan penutup. Acara dipandu oleh Feri Putra Pratama,S.Tr.Inst sebagai master of ceremony. Pada pembukaan kegiatan, Yustus Rumakiek,S.Si selaku Manajer Puncak Laboratorium membuka kegiatan dengan memberikan sambutan, beliau menyampaikan apresiasi atas kinerja terbaik dari seluruh personel laboratorium yang sudah dilaksanakan selama 2022 dan juga memberikan motivasi serta arahan terkait dengan perancangan sasaran mutu serta rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2023. Yustus menyampaikan bahwa pencapaian target sasaran mutu di tahun 2022 merupakan hasil dari kerja tim yang bersinergi dengan baik, untuk itu beliau menyampaikan harapan semoga kinerja laboratorium BMKG di BBMKG Wilayah V di tahun 2023 harus lebih baik dan optimal.

Presentasi laporan manajerial disampaikan oleh Suroto, S.T selaku Sub Koordinator Bidang Instrumentasi dan Kalibrasi. Presentasi laporan manajerial terdiri dari kesesuaian, perubahan isu internal dan eksternal, pemenuhan sasaran mutu, kesesuaian kebijakan dengan prosedur, status tindakan dari kum sebelumnya, dampak dari audit internal terakhir, tindakan perbaikan, laporan kunjungan pengawasan/ asesmen dari badan akreditasi, perubahan jenis dan ruang lingkup pekerjaan, umpan balik pelanggan dan personil lab, pengaduan, efektivitas dari peningkatan yang diterapkan, kecukupan sumber daya, hasil dari identifikasi resiko, dampak penjaminan keabsahan hasil kalibrasi dan faktor-faktor relevan lainnya, seperti pemantau aktivitas dan pelatihan. Setelah presentasi laporan manajerial, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Kepala BBMKG Wilayah V selaku Manajer Puncak Laboratorium, seluruh peserta kegiatan berdiskusi mengenai pencapaian kinerja yang sudah dicapai di tahun 2022 dan sasaran mutu serta rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2023. Setelah diskusi, Manajer Puncak Laboratorium memimpin proses penetapan sasaran mutu dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2023.

Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa penutup yang dipimpin oleh Brigita Simanjuntak, S.Tr. . Rangkaian kegiatan KUMW Laboratorium Kalibrasi BMKG di BBMKG Wilayah V berjalan dengan lancar dan khidmat.