Jayapura – (Kamis, 8 Desember 2022) Kepala Balai Besar MKG Wilayah V, Yustus Rumakiek, S.Si mengikuti kegiatan Apel Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Gempabumi dan Tsunami yang dilaksanakan oleh Lantamal X Jayapura berlokasi di Lapangan Trisila, Kota Jayapura. Kegiatan apel dimulai tepat jam 9.00 wit dengan khidmat meski diguyur rintik hujan. Komandan Lantamal X, Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung bertindak sebagai inspektur apel gabungan yang dihadiri oleh BBMKG Wilayah V, BPBD Provinsi Papua, Basarnas Jayapura, BPBD Kota Jayapura, RAPI, serta stakeholder dan organisasi pegiat kebencanaan di Kota Jayapura.
Dalam sambutannya Danlantamal X mengharapkan partisipasi aktif dari stakeholder kebencanaan untuk lebih meningkatkan sinergitas agar penanggulangan bencana di Papua bisa berjalan dengan baik, selain itu potensi terjadinya tsunami yang disebabkan oleh Megathrust di Utara Papua patut diwaspadai oleh seluruh masyarakat di Kota Jayapura khususnya. 
Setelah apel gabungan, Komandan Lantamal X didampingi pejabat yang hadir meninjau kesiapan dari masing-masing stakeholder dalam mempersiapkan peralatannya untuk penanggulangan bencana. Pada kesempatan tersebut, BBMKG Wilayah V membawa peralatan Portable Seismograph serta AWS Portable yang menjadi pusat perhatian pada apel gabungan tersebut. Kegiatan ditutup dengan simulasi bencana gempabumi dan tsunami yang disaksikan langsung oleh para tamu undangan. Simulasi ini ditujukan untuk melihat respon dari masing-masing Stakeholder apakah sudah berjalan sesuai dengan SOP.