[Jayapura, 29 Mei 2024] Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG) Wilayah V, Yustus Rumakiek,S.Si menghadiri kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tematik Provinsi Papua Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Stasiun Klimatologi Papua, bertempat di Mayo Private Resort Holtekam. SLI Tematik Provinsi Papua Tahun 2024 memiliki tema 'Optimalisasi Produktifitas Pertanian Melalui Pemahaman Iklim' , sebagai peserta pada kegiatan ini yaitu para petani yang berproduksi aktif diwilayah Kecamatan Muara Tami, Kota Jayapura. Pembukaan kegiatan SLI Tematik Provinsi Papua diagendakan dibuka oleh Pj.Walikota Kota Jayapura, Lukas Christian Sohilait,S.T.,M.Si., pada kesempatan ini Pj. Walikota Kota Jayapura diwakilkan oleh Nur Bi Adji, selaku Asisten III Sekretaris Daerah Kota Jayapura Bidang Administrasi Umum. 

Yustus Rumakiek dalam sambutannya menyampaikan, bahwa  "Perubahan iklim sudah dan sedang terjadi, bukanlah hoax belaka, menyebabkan peningkatan frekuensi kejadian hidrometeorologis dan cuaca ekstrim, untuk itu perlu mitigasi dan adaptasi dalam mengatasi masalah ini". "Untuk itu BMKG membuat program rencana aksi, yaitu melalui Sekolah Lapang Iklim Tematik Tahun 2024, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman Petani mengenai cuaca dan iklim serta langkah langkah menanggulangi perubahan iklim" lanjut Yustus. SLI merupakan program prioritas nasional dengan tujuan untuk memberikan pemahaman pemanfaatan informasi cuaca dan iklim secara efektif dalam mendukung   produktifitas pertanian serta peningkatan ketahanan pangan nasional.

Pj. Walikota Kota Jayapura pada sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten III Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Nur Bi Adji menyampaikan, Kegiatan SLI Tematik Provinsi Papua Tahun 2024 merupakan kegiatan yang penting untuk diikuti oleh petani di Kota Jayapura, sehingga para petani dapat memahami kondisi cuaca dan iklim didaerahnya serta mempersiapkan teknik pertanian dan jenis tanaman yang tepat untuk meningkatkan produktifitas pertanian dan menghindari resiko gagal panen. Pemerintah Kota Jayapura mendukung setiap kegiatan edukasi yang dilakukan oleh BMKG, guna meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Jayapura untuk beradaptasi menghadapi perubahan iklim di Papua, khususnya di Kota Jayapura.

Dalam kegiatan SLI Tematik Provinsi Papua turut hadir, Sulaiman,S.Si selaku Kepala Stasiun Klimatologi Papua, Heri Purnomo,S.Si selaku Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Jayapura, dan AKP Sem Hanasbey selaku Kepala Kepolisian Sektor Muara Tami, serta stakeholder terkait, yaitu perwakilan dari BPTPH Provinsi Papua, BSIP Provinsi Papua, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura, Dinas Pertanian Provinsi Papua, dan Kepala Distrik Muara Tami. Dalam kegiatan SLI, seluruh stakeholder bergandeng tangan dengan masyarakat guna berkolaborasi untuk meningkatkan kesiap-siagaan mitigasi perubahan iklim di Provinsi Papua.

Reporter : Feri P. Pratama
Juru Kamera: M. Naufal Fikriansyah