[Mimika, 7 Juni 2024] Yustus Rumakiek,S.Si., selaku Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V, melaksanakan kunjungan kerja Inspeksi Operasional dan Aloptama MKG di Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Dalam kunjungan kerja di Mimika, Kepala Balai melakukan inspeksi di Stasiun Meteorologi Mozez Kilangin Mimika dan Shelter Ina-TEWS MIPI Mimika. Selain melakukan inspeksi, Kepala Balai juga melakukan kunjungan kerja ke PT.Freeport Indonesia dan BPBD Kabupaten Mimika untuk koordinasi penguatan sinergitas BMKG Papua dengan PT.Freeport Indonesia dan BPBD Nabire, guna membangun kolaborasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan mitigasi bencana di Kabupaten Mimika, serta dalam kesempatan ini Kepala Balai melakukan inspeksi Aloptama MKG berupa ARG Kuala Kencana di Lingkungan Kerja PT.Freeport Indonesia dan WRS New Generation yang terpasang di BPBD Kabupaten Nabire.

Dalam kunjungan kerja di Stasiun Meteorologi Mozez Kilangin Mimika, Kepala Balai melaksanakan audiensi dengan seluruh pegawai, didampingi oleh Aji Supraptaji,S.Si., selaku Kepala Stasiun Meteorologi Mozez Kilangin Mimika. Pada diskusi audiensi dengan Kepala Stasiun dan Pegawai, Kepala Balai menyampaikan arahan agar setiap stasiun rutin melaporkan kondisi Aloptama MKG pada situs web pelaporan SLA dan OLA dengan menuliskan keterangan kondisi peralatan jika ada Aloptama MKG yang mengalami gangguan. Pada kesempatan ini, Kepala Balai juga mempromosikan program Kepala BMKG, yaitu Program 500 Doktor di BMKG. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab antara Kepala Balai dengan pegawai, seluruh pegawai sangat antusias dalam menyampaikan saran dan masukan kepada Kepala Balai untuk membangun BMKG Papua lebih baik kedepannya.

Setelah audiensi dengan pegawai di Stasiun Meteorologi Mozez Kilangin Mimika, Kepala Balai melanjutkan inspeksi Operasional dan Aloptama MKG, yaitu melakukan inspeksi Operasional Meteorologi Penerbangan di Stasiun, Radar Cuaca dan Shelter Ina - TEWS MIPI. Pada dasarnya Operasional dan Aloptama MKG di Kabupaten Mimika seluruhnya berjalan baik dan optimal untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi BMKG dalam melayani informasi MKG untuk Masyarakat di Kabupaten Mimika

Kunjungan kerja Kepala Balai di Kabupaten Mimika tidak hanya mengunjungi Kantor UPT BMKG, namun Kepala Balai juga melakukan kunjungan kerja ke PT.Freeport Indonesia dan Kantor BPBD Kabupaten Mimika didampingi oleh Kepala Stasiun Meteorologi Mozez Kilangin Mimika. Kunjungan Kepala Balai diterima oleh Joel Husig selaku Operational Manager Region Nabire, Goverment Relation PT. Freeport Indonesia, yang mewakili Mr.Paul Lally selaku Head Of Goverment Relation PT.Freeport Indonesia. Dalam kunjungan kerja di PT.Freeport Indonesia, Kepala Balai menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang telah dijalin antara PT.Freeport Indonesia dengan BMKG Papua dalam banyak bidang, diantaranya pelayanan informasi MKG dan Kalibrasi Peralatan Meteorologi, harapannya kolaborasi terus ditingkatkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan mitigasi Bencana. 

Dalam kunjungan kerja ke BPBD Mimika, Kepala Balai diterima oleh Moses Yarangga,S.H,M.Si selaku Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Mimika, didampingi oleh Sekretaris BPBD dan Kepala Bidang beserta pegawai yang bertugas. Dalam kunjungan di Kantor BPBD Kabupaten Mimika, Kepala Balai menyampaikan tentang pentingnya sinergitas antara BPBD dan BMKG, untuk mewujudkan masyarakat Papua yang siap siaga dalam mitigasi bencana. Kepala Balai juga melakukan inspeksi WRS New Generation yang terpasang di Kantor BPBD Mimika, serta menyampaikan kepala Kalaksa BPBD Kabupaten Mimika tentang fungsi penting WRS New Generation untuk kesiapsiagaan mitigasi bencana gempabumi dan tsunami. Melalui kunjungan Kepala Balai Besar MKG Wilayah V di Kabupaten Mimika, harapannya dapat memperkuat optimalisasi operasional pelayanan informasi MKG di Kabupaten Mimika guna mendukung terciptanya Masyarakat Papua yang Maju dan Selamat.

Pewarta: Feri Putra Pratama,S.Tr.Inst.