[Nabire, 3 Juni 2024] Yustus Rumakiek,S.Si., selaku Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V, melaksanakan kunjungan kerja Inspeksi Operasional dan Aloptama MKG di Kabupaten Nabire, Papua Tengah. Dalam kunjungan kerja di Nabire, Kepala Balai melakukan inspeksi ke Stasiun Meteorologi Nabire, Stasiun Geofisika Nabire, AWOS Kat I Nabire dan Shelter Ina-TEWS NBPI. Selain melakukan inspeksi, Kepala Balai juga melakukan kunjungan kerja ke BPBD Kabupaten Nabire untuk koordinasi penguatan sinergitas BMKG Papua dengan BPBD Nabire guna membangun kolaborasi untuk kesiapsiagaan mitigasi bencana di Kabupaten Nabire, sekaligus melakukan inspeksi Aloptama MKG berupa WRS NeKow Generation yang terpasang di BPBD Kabupaten Nabire.

Dalam kunjungan kerja di Stasiun Meteorologi Nabire, Kepala Balai melaksanakan audiensi dengan seluruh pegawai, didampingi oleh Husain,S.Tr., selaku Kepala Stasiun Meteorologi Nabire dan George F.A. Muabuay,M.Sc., selaku Kepala Stasiun Geofisika Nabire. Pada diskusi audiensi dengan Kepala Stasiun dan Pegawai, Kepala Balai menyampaikan arahan agar setiap stasiun rutin melaporkan kondisi Aloptama MKG pada situs web pelaporan SLA dan OLA dengan menuliskan keterangan kondisi peralatan jika ada Aloptama MKG yang mengalami gangguan. Pada kesempatan ini, Kepala Balai juga mempromosikan program Kepala BMKG, yaitu Program 500 Doktor di BMKG. Kepala Balai dalam arahannya memberikan apresiasi kepada pegawai di Papua yang sudah antusias mengikuti program beasiswa dan memberikan motivasi kepada seluruh pegawai agar bersungguh sungguh dalam menjalani program pendampingan beasiswa dari Pusdiklat BMKG. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab antara Kepala Balai dengan pegawai, seluruh pegawai sangat antusias dalam menyampaikan saran dan masukan kepada Kepala Balai untuk membangun BMKG Papua lebih baik kedepannya.

Setelah audiensi dengan pegawai di Stasiun Meteorologi Nabire dan Stasiun Geofisika Nabire, Kepala Balai melanjutkan inspeksi Operasional dan Aloptama MKG, yaitu melakukan inspeksi Operasional Meteorologi dan Geofisika di Stasiun, Inspeksi AWOS Nabire serta dilanjutkan inspeksi Shelter Ina - TEWS NBPI. Pada dasarnya Operasional dan Aloptama MKG di Kabupaten Nabire seluruhnya berjalan baik dan optimal untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi BMKG dalam melayani informasi MKG untuk Masyarakat di Kabupaten Nabire.   

Kunjungan kerja Kepala Balai di Kabupaten Nabire tidak hanya mengunjungi Kantor UPT BMKG di Nabire, namun Kepala Balai juga melakukan kunjungan kerja ke Kantor BPBD Kabupaten Nabire didampingi oleh Kepala Stasiun Meteorologi Nabire dan Kepala Stasiun Geofisika Nabire. Kunjungan Kepala Balai diterima oleh Imanuel Monei selaku Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Nabire, didampingi oleh Sekretaris BPBD beserta pegawai yang bertugas. Dalam kunjungan di Kantor BPBD Kabupaten Nabire, Kepala Balai menyampaikan tentang pentingnya sinergitas antara BPBD dan BMKG, untuk mewujudkan masyarakat Papua yang siap siaga dalam mitigasi bencana. Kepala Balai juga melakukan inspeksi WRS New Generation yang terpasang di Kantor BPBD, serta menyampaikan kepala Kalaksa BPBD Kabupaten Nabire tentang fungsi penting WRS New Generation untuk kesiapsiagaan mitigasi bencana gempabumi dan tsunami. Melalui kunjungan Kepala Balai Besar MKG Wilayah V di Kabupaten Nabire, harapannya dapat memperkuat optimalisasi operasional pelayanan informasi MKG di Kabupaten Nabire guna mendukung terciptanya Masyarakat Papua yang Maju dan Selamat.

Reporter : Feri Putra Pratama