Sorong, Rabu 09/03/2022 Kepala BBMKG Wilayah V Hendro Nugoho bersama  rombongan dari BBMKG Wilayah V mengunjungi UPT-UPT di Papua Barat. Rombongan Kepala BBMKG diterima langsung  Koordinator Papua Barat Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I DEO Sorong, Indar Adi Waluyo dan seluruh KUPT kota Sorong. Kunjungan kali ini  adalah kunjungan kerja  pertama Kepala BBMKG wilayah V sejak menjabat pada bulan Februari 2022. Kunjungan kerja kali ini bertujuan untuk melakukan inpeksi kegiatan operasional MKG di wilayah Sorong dan Manokwari.

Kunjungan dibuka dengan rapat koordinasi bersama UPT BMKG sorong di Stasiun GAW Sorong membahas kendala yang di hadapi UPT dalam memberikan data dan informasi terkait cuaca dan kegempaan. Dalam kunjungan ini, setelah melakukan inspeksi aloptama di Stageof Sorong dan GAW, Kepala BBMKG Wilayah V menekankan pentingnya untuk selalu menjaga peralatan operasional utama dan melakukan kalibrasi peralatan secara rutin untuk memastikan peralatan operasional beroperasi dengan baik dan laik. Selanjutnya dilakukan diskusi dengan pegawai-pegawai di lingkungan UPT Sorong di GAW, dalam hal ini Kepala BBMKG Wilayah V menekankan perlunya SDM BBMKG Wilayah V untuk membangun legacy selama mereka berdinas di Papua, membangun semangat untuk melanjutkan pendidikan ke S2 dan S3 serta berdiskusi tentang masalah operasional selama bertugas di Papua. Kunjungan dilanjutkan mengunjungi Taman alat Stasiun Meteorologi Klas I Sorong kemudian ditutup dengan foto bersama.

Besuknya kunjungan kerja dilanjutkan di Manokwari, 10/03/2022, rombongan Kepala BBMKG Wilayah V di damping koordinator BMKG Papua Barat di terima langsung Kepala Stasiun Meteorologi Kleas III Rendani dan Kepala Stasiun Klimatologi Papua Barat. Kunjungan dibuka dengan rapat koordinasi UPT Rendani membahas kendala yang di hadapi dalam operasional dan rencana relokasi Kantor Stasiun Meteorologi Klas III Manokwari akibat pelebaran Bandara Rendani Manokwari. Selanjutnya kunjungan ke Stasiun Klimatologi Papua Barat, Kepala BBMKG Wilayah V menengok peralatan operasional dan rumah dinas pegawai yang baru dibangun. Pertemuan dilanjutkan diskusi dengan pegawai dan membahas permasalahan-permasalahan yang dihadapi pegawai dan ditutup dengan dengan Foto bersama.

Di harapkan kunjungan kali ini dapat memberikan solusi dari kendala yg dihadapi UPT-UPT di Papua Barat.