Merauke, Kamis 31/03/2022 Kepala BBMKG Wilayah V Hendro Nugroho bersama rombongan dari BBMKG Wilayah V mengunjungi UPT di Kota Merauke Provinsi Papua. Rombongan Kepala BBMKG V diterima langsung Kepala Stasiun Meteorologi dan Kepala Stasiun Klimatologi Merauke. Kunjungan kerja kali ini bertujuan untuk melakukan inspeksi kegiatan oprasional MKG di UPT Stasiun Meteorologi Mopah dan Stasiun Klimatologi Kelas IV Merauke sekaligus ikut pengamatan hilal di Merauke.

Kunjungan di buka dengan Rapat Koordinasi Bersama  UPT BMKG Merauke di Stasiun Meteorologi Mopah Merauke membahas kendala yang di hadapi UPT dalam memberikan data dan informasi terkai cuaca dan kegempaan. Dalam kunjungan kali ini, setelah melakukan inspeksi aloptama di Stasiun Meteteorologi Mopah, Kepala BBMKG Wilayah V dalam menekankan pentingnya untuk selalu menjaga peralatan operasional utama dan melakukan kalibrasi peralatan secara rutin untuk memastikan peralata operasional beroprasi dengan baik dan laik. Dalam diskusi dengan para pegawai di Merauke menekankan perlunya SDM BBMKG Wilayah V untuk membangun legacy selama mereka berdinas di Papua, membangun semangat untuk melanjutkan Pendidikan ke S2 dan S3 serta berdiskusi tentang masalah operasional selama bertugas di UPT Merauke. Diskusi ditutup dengan foto Bersama pegawai Stamet. Mopah Merauke.

Kujungan dilanjutkan mengunjungi Kantor Stasiun Klimatologi Kelas IV Merauke, Kepala BBMKG Wilayah V dan rombongan menengok peralatan operasional dan menekankan pentingnya pemeliharaan aloptama yang ada di taman alat, selanjuatnya Kepala BBMKG Wilayah V berbincang bincang dengan pegawai Stasiun Klimatologi.

Esok hari kunjungan kerja di lanjutkan di Tanah Miring, 01/04/2022 rombongan Kepala BBMKG Wilayah V menengok rumah dinas pegawai dan rumah dinas KUPT yang sedang dalam pembangunan. Di lokasi rumah dinas terdapat sedikit lahan yang di gunakan untuk kegiatan pertanian dan digunakan untuk tempat praktek kerja lapangan SMK, disini BMKG kususnya Stasiun Klimatologi Merauke bekerjasama dengan petani sekitar mengolah lahan gambut yang asam dan susah di tanami sehingga bisa di tanami tanaman pertanianan, dengan adanya BMKG khususnya Stasiun Klimatologi di Tanah Miring Merauke petani sangat terbantu sekali untuk mengatur pola tanam yang efektif di cuaca dan iklim yang tidak menentu sehingga dapat menghasilkan hasil panen yang maksimal. 

Soreharinya rombongan Kepala BBMKG Wilayah V menuju ke Pantai Lampu Satu  mengikuti Pengamatan Hilal menentukan 1 Ramadhan tahun 2022, yang di selenggarakan Kementrian Agama dan berkolaborasi dengan BMKG. Dan kegiatan di tutup dengan Foto Bersama