Jayapura, (26/9) – Balai Besar MKG Wilayah V menerima kunjungan dari SMP Negeri 5 Jayapura sebanyak 29 siswa dan didampingi 1 orang guru . Kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang cuaca, iklim dan gempabumi. Rombongan disambut oleh Ketua Tim Kerja Layanan Informasi Meteorologi Publik, Ezri Ronsumbre, S.Si.

Kegiatan dimulai dengan mendengarkan penjelasan umum serta tugas BMKG. Setelah itu, para siswa disajikan materi pengenalan dasar soal cuaca, iklim, dan gempabumi. Para siswa diajarkan pentingnya informasi cuaca dan iklim yang ada di Indonesia dan juga diperkenalkan gejala-gejala alam yang dapat merugikan seperti banjir dan longsor, serta proses dan sebab terjadinya gempa bumi.
Selanjutnya, para siswa diajak mengunjungi Taman Alat. Di sana, para siswa diperkenalkan dengan peralatan observasi cuaca. Kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi ruangan operasional MEWS dan TEWS, untuk melihat secara garis besar bagaimana proses membuat prakiraan cuaca dan menganalisa kejadian gempabumi.

Kunjungan ini diharapkan mampu memberi pemahaman kepada para siswa tentang pengetahuan dasar terkait cuaca, iklim dan gempabumi, dan mempersiapkan generasi yang cerdas, siap, dan tangguh dalam menghadapi bencana alam.