[Jayapura, 5 Juni 2024] Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V menerima kunjungan studi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih (UNCEN). Dalam kunjungan ini, dosen pengampu mata kuliah Meteorologi dan Klimatologi, Prodi Pendidikan Geografi, UNCEN, Febriani Safitri, S.Pd., M.Sc datang bersama dengan 25 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Geografi, UNCEN dengan tujuan untuk belajar lebih dalam mengenai ilmu MKG, serta penerapannya di ruang lingkup BMKG. 

Kegiatan ini dibuka oleh Ezri Yustina Ronsumbre, S.Si., selaku Ketua Tim Kerja Meteorologi Publik BBMKG Wilayah V. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan di setiap bidang keilmuan, dimulai dari pemaparan meteorologi yang disampaikan oleh Finnyalia Napitupulu, dilanjutkan dengan pemaparan klimatologi yang disampaikan oleh Pamungkas Irjayanti dan pemaparan geofisika oleh Muh. Nahdhi Ahsan. Setelah dari sesi pemaparan, para mahasiswa diperkenalkan dengan alat-alat operasional BMKG berupa alat-alat pengamatan meteorologi yang ada di Taman Alat BBMKG wilayah V, alat-alat operasional prakiraan cuaca, serta alat-alat operasional deteksi gempa bumi dan tsunami milik BBMKG Wilayah V.

BBMKG wilayah V sangat mengapresiasi kunjungan studi yang dilakukan oleh Prodi Geografi, UNCEN. Diharapkan kegiatan ini akan terus berlangsung di masa yang akan datang. BMKG berkomitmen untuk terus berkontibusi dalam memberikan pelayanan dan edukasi kepada masyarakat mengenai keilmuan MKG dan kebencanaan Geohidrometeorologi.

Reporter : Arif Setiawan
Juru Kamera : Winona Puspa Betari