(Jayapura, 30 Mei 2024) Telah dilaksanakan kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V dengan Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua. Dimana, Balai Besar MKG Wilayah V dan IAIN Fattahul Muluk Papua sudah sangat sering berkolaborasi dalam hal pengamatan hilal penentuan Awal bulan Hijriah serta kegiatan praktik Falakiyah bersama mahasiswa-mahasiswi di IAIN Fattahul Muluk Papua. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas IAIN Fatahul Muluk, Kepala UPT BMKG di lingkungan Balai Besar MKG Wilayah V, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar MKG Wilayah V, Ketua Tim Kerjasama dalam negeri BMKG Pusat, para pejabat di lingkungan Balai Besar MKG Wilayah V dan IAIN Fattahul Muluk Papua serta Tim Kerja dari Biro Hukum dan Organisasi BMKG juga turut hadir dan menyaksikan kegiatan ini secara langsung. 

Dalam sambutan Kepala Balai Besar MKG Wilayah V, Yustus Rumakiek S.Si menyampaikan harapan bahwa melalui kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini  diharapkan dapat terjaganya hubungan kerjasama yang baik antara BMKG dengan Perguruan Tinggi khususnya di Tanah Papua. Hal ini merupakan suatu kebanggaan Balai Besar MKG Wilayah V untuk dapat melakukan kerjasama dengan IAIN Fattahul Muluk Papua. 

Sebagaimana yang kita tahu, IAIN Fattahul Muluk Papua mempunyai komitmen untuk memajukan pendidikan khususnya di Wilayah Papua. Tidak hanya fokus pada bidang pendidikan, IAIN Fattahul Muluk Papua juga fokus terhadap kegiatan-kegiatan riset dan penelitian serta diharapkan dapat bermanfaat untuk mewujudkan program Tri Darma Perguruan Tinggi sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten di Tanah Papua.