Rabu 02/08/2023, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura bekerjasama dengan BKN Regional IX Jayapura ditugaskan sebagai penyelanggara Tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar)  pada tanggal 08 Juni 2023 untuk PTB- STMKG (Penerimaan Taruna Baru – Sekolah Tinggi Meterologi, Klimatologi dan Geofisika) menggunakan tes system CAT (Computer Assisted Test). Dimana system seleksinya berbasis computer dan nilai dapat dimonitor langsung oleh masyarakat umum saat peserta mengerjakan soal atau usai tes. Tes SKB (Seleksi Kemampuan Bidang) dilakukan pada tanggal 17 Juli 2023, dan tes Kesehatan dan Wawancara di lakukan pada tanggal 02 Agustus 2023

Dalam tahapan SKD dilaksanakan dalam 1 sesi dimana jumlah peserta yang terdaftar sebanyak sebanyak : 73 orang, yang hadir sebanyak 67 orang, tidak hadir sebanyak 6 orang. Dan  Pada Tahap SKB dimana jumlah peserta sebanyak 24, yang tidak hadir sebanyak 1 orang. Dan pada Tahap Kesehatan dan Wawancara dimana jumlah peserta sebanyak 22 orang, yang tidak hadir sebanyak 2 Orang.

Kegiatan ini berjalan lancar dan beberapa peserta memberikan testimoni/kesan positif dalam pelakasanaan kegiatan seleksi ini, dan hasilnya sudah dilihat langsung oleh peserta dan masyarakat umum yang kemudian akan di ranking secara nasional untuk penetapan peserta yang lolos seleksi SKD, SKB, Kesehatan dan Wawancara.

Marzuki Sinambela Kepala Tata Usaha STMKG BMKG sebagai Pewawancara perwakilan dari BMKG Pusat  Berharap akan lebih banyak lagi OAP yang lulus menjadi taruna/i STMKG dan setelah lulus harus diberikan knowledge dan pengalaman bekerja di luar Papua skitar 2-3 tahun dengan perjanjian kerja setelah itu kembali untuk  membangun Papua.