PERINGATAN HMKG TAHUN 2022 DI BALAI BESAR MKG WILAYAH V

Lutfian Hanif
2 tahun yang lalu | Jumat, 22 Juli,2022 00:31:01 (WIT)

Jayapura, 21/Juli/2022. Jam 08.00 WIT Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V menggelar upacara perayaan Hari Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (HMKG) ke 75 diikuti oleh para pegawai BMKG di lingkungan Jayapura. HMKG dan HUT RI pada tahun ini kembali dilaksanakan secara offline dan  dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat kita semua dalam memaknai bahwa HMKG bukanlah hanya tentang tanggal dan peringatan, tetapi juga batu tumpuan agar kita mampu berakselerasi dan bangkit lebih jauh dalam mengemban amanat yang dibebankan pada BMKG.

Tema HUT RI ke 77 yaitu Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, juga telah ditentukan Tema HMKG ke-75 dan HUT RI ke-77 yang selaras dengan tema nasional, yaitu “SDM Unggul, BMKG Andal, Indonesia Tangguh“.

Kepala BMKG dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Balai Besar MKG Wilayah V menyatakan  tema tersebut bukanlah hanya deretan kalimat tanpa makna tapi lebih jauh, tema tersebut mengisyaratkan bahwa BMKG sebagain suatu instansi harus terus berbenah dalam meningkatkan  kinerja,  khususnya  pelayanan  terkait  kebencanaan  dan  informasi  yang akurat sehingga dapat diandalkan oleh masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Pada Pundak setiap pegawai BMKG, tersimpan harapan dan amanat yang perlu dijunjung tinggi. Pegawai BMKG di seluruh daerah harus mampu memenuhi ekspetasi tersebut, dalam mengawal mimpi-mimpi masyarakat yang bermuara pada kemajuan bangsa ini. Sudah bukan waktunya bagi kita untuk terus menunggu dan bekerja secara stagnan. Ekskalasi langkah  yang tepat harus diwujudkan  dalam  rangka  maksimalisasi  layanan  BMKG di seluruh sektor. Sehingga, mimpi “Indonesia Tangguh” yang tertulis pada tema acara kita tahun ini tidaklah hanya menjadi angan belaka.

Sebelumnya pada tanggal 15 Juli 2022 telah dilakukan pembukaan rangkaian perlombaan dalam rangka memperingati HMKG ke 75 dan HUT RI ke 77. Pembukaan diawali oleh kegiatan senam bersama dan diikuti oleh seluruh pegawai BMKG di lingkungan Jayapura.