Jayapura – Selasa (15/03/2022), Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura melaksanakan kegiatan pembahasan terkait Ketersediaan dan Kualitas Data Peralatan Meteorologi dan Klimatologi yang berada di Wilayah Kota dan kabupaten Jayapura. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh UPT-UPT yang berada di wilayah Jayapura diantaranya Stasiun Meteorologi Sentani, Stasiun Meteorologi Maritim Dok II Jayapura dan Stasiun Klimatologi Jayapura.  

Dalam pembahasan ini, Kepala Balai mengharapkan peran serta yang aktif dari UPT untuk menjaga dan memelihara aloptama yang berada di wilayah UPT masing-masing agar peralatan tersebut bisa bekerja dengan optimal dan menghasilkan data yang berkualitas.

Selanjutnya, Kepala Stasiun Meteorologi Sentani Yustus Rumakiek memaparkan terkait permasalahan yang ada di UPT diantaranya kondisi peralatan AWOS di beberapa bandar udara yang kondisinya off dan perlu penggantian suku cadang, selain itu ada beberapa peralatan Meteorologi juga yang perlu rutin dipelihara.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Jayapura Dony Christanto menyampaikan perihal digitalisasi data ME 45 dan 48 yang sudah dilakukan UPT dari tahun 2008 – 2021. Juga rencana relokasi peralatan ARG Kaureh dan Senggi yang menurut arahan Pusat baiknya di tempatkan di lokasi yang berdekatan dengan tower BAKTI. Selanjutnya Kepala Stasiun Dok II Jayapura yang diwakili oleh Forecaster senior Ardy Onda Sipatu menjelaskan terkait peralatan AWS Digitalisasi dan AWS Maritim yang berada dalam kondisi LAIK.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan menghasilkan beberapa rekomendasi diantaranya perlu dilakukan Temu Forecaster dan Temu Teknisi UPT di lingkungan Balai Besar MKG Wilayah V guna penyamaan visi dan sharing knowledge.