Jayapura - Rabu (17/8/2022), Kepala BBMKG Wilayah V Hendro Nugroho, ST, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan hari Ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun di lapangan kantor BBMKG Wilayah V.

Dalam sambutan Kepala BMKG yang dibacakan oleh Kepala BBMKG Wilayah V menyampaikan bahwa dua tahun lebih ini Indonesia menghadapi tantangan dan ujian sejarah. Kecemasan sosial dikarenakan pandemi Covid-19, tekanan ekonomi, dan ketidakstabilan politik dunia, dampaknya dirasakan oleh rakyat Indonesia di penjuru tanah air.

Namun di tengah keterpurukan, kita perlu bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan bangsa yang maju dan sejahtera.

Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 pada tahun ini merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan kita dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju, dengan begitu kemerdekaan di Indonesia bisa selalu aman dan terhindar dari penjajahan di era modern masa ini.

Saat Rakornas Ketahanan dan Kedaulatan Pangan yang lalu, Presiden sudah berpesan bahwa kita sedang menghadapi tantangan perubahan iklim yang kritis. Penanggulangan perubahan iklim menjadi isu prioritas dan menjadi tantangan global, yg dampaknya sangat luas, utamanya dalam penanggulangan bencana dan ketahanan pangan.

Dengan ancaman terhadap ketahanan pangan, BMKG memiliki peran strategis dalam merumuskan kebijakan penanganan resiko iklim dan mengidentifikasi Langkah-langkah adaptasi untuk mempertahankan kedaulatan pangan Indonesia.

Bapak/Ibu, inilah salah satu peran kita, ASN BMKG sebagai salah satu kontribusi kita melakukan pembangunan Indonesia. Saya yakin bahwa kita masing-masing memiliki peran dalam pembangunan, tetap semangat dalam menjalankan tugas, dan senantiasa bersyukur dalam kemerdekaan yang kita nikmati, mengakhiri sambutannya.

Pelaksanaan upacara turut dihadiri oleh segenap Pejabat Di lingkungan BBMKG Wilayah V serta seluruh Pegawai Stasiun yang ada di lingkungan Jayapura. Upacara Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 Berjalan dengan hikmat dan lancar dan ditutup dengan foto bersama.