Jayapura, (17/08/2023) – Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V melaksanakan peringatan Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. dengan mengusung tema nasional "Terus Melaju Demi Indonesia Maju". Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V  Yustus Rumakiek menjadi Inspektur upacara diikuti oleh Kepala UPT dan seluruh pegawai diwilayah Jayapura.
Dalam sambutannya Yustus Rumakiek i menyampaikan pesan dari Dwikorita Karnawati selaku kepala BMKG, "Tema 'Terus Melaju Demi Indonesia Maju' mencerminkan tekad dan semangat kita untuk terus maju, tumbuh, dan memberikan yang terbaik bagi negara kita, Indonesia tercinta. Bagi saya, tema ini bukan hanya sekedar rangkaian kata, tetapi visi yang menggugah dan membangun."

Perayaan HUT RI ke-78 di BMKG menjadi momen penting bagi seluruh pegawai untuk merayakan keberagaman dan semangat persatuan dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Tema tersebut menjadi semangat pendorong untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam memajukan negara Indonesia.
Dan di lanjutkan penyerahan dan penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya di lapangan kantor Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V. Penganugrahan Satyalancana Karya Satya diserahkan kepada
  1. Nomor urut 50 Nama Levina Bernard ; Pangkat Penata ; Jabatan Arsiparis Muda selaku Sub Koordinator Bidang Persuratan dan Kepegawaian Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura. Tanda Kehormatan yang dianugerahkan : Satya Lencana Karya Satya XXX Tahun.
  2. Nomor urut 92 ; Nama Noviah Indrawati,A.Md ; Pangkat Penata Muda Tk I ; Jabatan Pranata Keuangan APBN Mahir Stasiun Meteorologi Sentani - Jayapura. Tanda Kehormatan yang dianugerahkan : Satya Lencana Karya Satya X Tahun.
 
Seluruh pegawai Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura Pusat mengenakan pakaian adat dari berbagai wilayah, menunjukkan kekayaan budaya Indonesia yang beragam. Acara peringatan HUT RI tersebut berjalan dengan khidmat, Kegiatan ini juga menjadi momen refleksi bagi para pegawai untuk mengingat kembali peran dan tanggung jawab mereka dalam menghadapi berbagai tantangan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Dengan semangat "Terus Melaju Demi Indonesia Maju," BMKG siap untuk terus berkontribusi dalam menghadapi dinamika cuaca, perubahan iklim, dan geofisika yang semakin kompleks. Perayaan ini menjadi momentum yang berarti dalam memacu BMKG dan seluruh rakyat Indonesia untuk terus maju dan berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita bangsa.