(Biak,10 - 14 Juni 2024) Yustus Rumakiek,S.Si., selaku Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V, melaksanakan kunjungan kerja Inspeksi Operasional dan Aloptama MKG di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori, Papua. Dalam kunjungan kerja di Biak, Kepala Balai melakukan inspeksi ke Stasiun Meteorologi Frans Kaisiepo Biak, AWOS Kat II Bandar Udara Biak dan Shelter Ina-TEWS BAKI. Selain melakukan inspeksi, Kepala Balai juga melakukan kunjungan kerja ke BPBD Kabupaten Biak, yang diterima langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Biak Numfor, Bapak Lot Luis Yensenem,SE.,M.Si untuk koordinasi penguatan sinergitas BMKG Papua dengan BPBD Biak guna membangun kolaborasi untuk kesiapsiagaan mitigasi bencana di Kabupaten Biak Numfor, sekaligus melakukan inspeksi Aloptama MKG berupa WRS NewGeneration yang terpasang di BPBD Kabupaten Biak.


Dalam kunjungan kerja di Stasiun Meteorologi Biak, Kepala Balai melaksanakan audiensi dengan seluruh pegawai, didampingi oleh Djoko Sumardiono, ST, selaku Kepala Stasiun Meteorologi Biak. Pada diskusi audiensi dengan Kepala Stasiun dan Pegawai, Kepala Balai menyampaikan arahan agar setiap stasiun rutin melaporkan kondisi Aloptama MKG pada situs web pelaporan SLA dan OLA dengan menuliskan keterangan kondisi peralatan jika ada Aloptama MKG yang mengalami gangguan. Pada kesempatan ini, Kepala Balai juga mempromosikan program Kepala BMKG, yaitu Program 500 Doktor di BMKG. Kepala Balai dalam arahannya memberikan apresiasi kepada pegawai di Papua yang sudah antusias mengikuti program beasiswa dan memberikan motivasi kepada seluruh pegawai agar bersungguh sungguh dalam menjalani program pendampingan beasiswa dari Pusdiklat BMKG. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab antara Kepala Balai dengan pegawai, seluruh pegawai sangat antusias dalam menyampaikan saran dan masukan kepada Kepala Balai untuk membangun BMKG Papua lebih baik kedepannya.


Setelah audiensi dengan pegawai di Stasiun Meteorologi Biak, Kepala Balai melanjutkan inspeksi Operasional dan Aloptama. Pada dasarnya Operasional dan Aloptama MKG di Kabupaten Biak seluruhnya berjalan baik dan optimal untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi BMKG dalam melayani informasi MKG untuk Masyarakat di Kabupaten Biak.   


Kunjungan kerja Kepala Balai di Kabupaten Biak selain untuk melaksanakan Inspeksi dan Audiensi, dalam rangkaian kunjungan ini Kepala Balai juga menghadiri kegiatan Sekolah Lapang Gempa Bumi Kabupaten Biak Numfor. Edukasi tentang mitigasi bencana, khususnya terkait gempabumi dan tsunami, menjadi fokus utama dalam upaya kesiapsiagaan di Kabupaten Biak Numfor. Masih segar diingatan kita oleh sejarah tragis peristiwa bencana pada tahun 1996, menjadi dorongan BMKG dan pemerintah daerah untuk bekerja sama menyelenggarakan Sekolah Lapang Gempabumi dan Tsunami di Kabupaten Biak Numfor, sebuah langkah proaktif untuk mengurangi dampak potensial bencana di masa depan.