GEMPA BUMI TEKTONIK M 4,0 MENGGUNCANG KOTA JAYAPURA , PAPUA

Operasional TEWS
1 tahun yang lalu | Rabu, 28 Desember,2022 21:58:21 (WIT)


Kejadian dan Parameter Gempa Bumi:
Hari Rabu, 28 Desember 2022, pukul 21:22:23 WIT, wilayah Kota Jayapura diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan M=4,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.68 LS dan 141.06 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 51 km arah Tenggara Kota Jayapura, Provinsi Papua pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempa Bumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman dangkal diduga diakibatkan oleh aktivitas sesar lokal yang melintasi Jayapura.

Dampak Gempa Bumi:
Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Kota Jayapura II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).  Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Gempa Bumi Susulan: 
Hingga pukul 21:35 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Rekomendasi:
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa bumi. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa bumi, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa bumi yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Jayapura, 28 Desember 2022

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V

Yustus Rumakiek, S.Si.