GEMPA BUMI TEKTONIK M3.2 DIRASAKAN DI NABIRE-PAPUA TENGAH

Operasional TEWS
2 bulan yang lalu | Senin, 24 Juni,2024 08:03:05 (WIT)

Kejadian dan Parameter Gempa Bumi:

Hari Minggu, 23 Juni 2024 pukul 20:43:50 WIT wilayah Nabire, Papua Tengah diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M3.2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.44° LS dan 135.47° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km Barat Daya Nabire, Papua Tengah. Gempa bumi ini berkedalaman 38 km.

 

Jenis dan Mekanisme Gempa Bumi:

Berdasarkan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike slip) akibat adanya aktivitas sesar di Trough Wapoga.

 

Dampak Gempa Bumi:

Gempa bumi M3.2 dirasakan oleh masyarakat di Nabire dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

 

Gempa Bumi Susulan:

Hingga pukul 21.30 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

 

Rekomendasi:

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa bumi. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa bumi, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa bumi yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

 

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

 

Jayapura, 23 Juni 2024

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V

Yustus Rumakiek, S.Si.