GEMPA BUMI TEKTONIK M3.5 DIRASAKAN DI KABUPATEN JAYAPURA-PAPUA

Operasional TEWS
4 bulan yang lalu | Rabu, 10 Januari,2024 00:35:29 (WIT)

Kejadian dan Parameter Gempa Bumi:
Hari Selasa, 9 Januari 2024 pukul 22:50:29 WIT wilayah Kabupaten jayapura diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter kekuatan M3.5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.59° LS dan 140.28° BT, pada jarak 12 km TimurLaut GENYEM-JAYAPURA-PAPUA. Berlokasi di darat dengan kedalaman 21 km. 

Jenis dan Mekanisme Gempa Bumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

Dampak Gempa Bumi:
Berdasarkan informasi dari masyarakat. Gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat di daerah Genyem, Kabupaten Jayapura dengan skala intensitas II-III MMI (Pada siang hari Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Gempabumi Susulan:
Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, hingga pukul 23:15 WIT belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Rekomendasi:
Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Jayapura, 9 Januari 2024 
Kepala Balai Besar MKG Wilayah V
Yustus Rumakiek, S.Si